Cara Ambil Jalur Tikungan S
Menyusul di tikungan "S"
Digambar ini kita dapat lihat kesempatan untuk menyalip kendaran didepan.
Jarak Pandang MATA kita (Garis biru terputus-2), memberikan pandangan jelas bahwa tidak ada halangan di depan jalan, sehingga kita dapat melihat bahwa tidak ada kendaraan di depan kita.
Kita tidak mengantisipasi apabila kendaraan yang lebih pelan akan merintangi kesempatan kita
hanya mungkin jika kita melihat dengan baik dan dapat memperhitungkan situasi secepat mungkin ketika kita memasuki tikungan pertama.
Akan sangat memuaskan apabilakita dapat melakukannya dengan benar....percayalah
Teknik Menikung Ke kanan
Posisikan kendaraan anda disisi terkiri dari jalan, semakin dekat dengan sisi kiri jalan maka semakin baik dan semakin lebar jarak dan arah pandang mata anda
apabila kita mengambil sisi dalam dari jalan maka jarak dan arah pandangan mata kita lebih terbatas dari pada apabila kita mengambil jalur sisi luar jalan
INGAT...jalur dalam berarti jalur terdekat dengan marka jalan, sedangkan jalur luar berarti sisi terdekat dengan sisi kiri tepi jalan ...ini berlaku untuk tikungan ke KANAN...apabila tikungan ke Kiri maka berlaku sebaliknya, yaitu : Sisi dalam yaitu jalur yang berada paling dekat dengan tepi jalan sebelah kiri, dan sisi luar adalah sisi terdekat dengan marka jalan yang di tengah...JANGAN LUPA !
Decapitation Zone
Perhatikan Jalur Motor ini dengan TELITI
Ingat, posisi motor terbaik adalah pisoso sedekat mungkin dengan marka tengah jalan.
Pengendara masuk secara dalam menuju sisi luar untuk mendapatkan jarak dan pandangan mata yang lebih luas lalu posisikan motor anda sejajar dengan marka jalan pada saat keluar tikungan
Jalur yang SALAH
Hindari godaan untuk memotong jalur tikungan secara langsung, ini akan mngakibatkan kepala dan bahu anda berada tepat di tengah jalur dan pada jalur dimana mobil berada.
Hal di atas di sebut juga DECAPITATION ZONE
SUSPENSI
SUSPENSI
Memiliki pemahaman yang baik mengenai suspensi anda adalah suatu hal yang sangat dperlukan untuk memahami karakter dan pergerakan motor anda
in iakan memberikan kita pengertian dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan "REM MANA YANG HARUS SAYA GUNAKAN ?", "Kapan saya harus me ngerem ketika kita akan menikung ?", "Kapan Sya membuka gas pada saat di tikungan?", "Apa yang harus saya lakukan bila sya masuk ke tikungan terlalu cepat ?"
Nah sekarang kita perhatikan Apa yang terjadi dengan suspensi ketika mengerem dan melakukan akselerasi pada jalur lurus
MENGEREM, Berat bergerak ke depan.
Akselerasi, Berat bergerak ke Belakang
Anda bisa lihat pada saat mengerem atau menurunkan gas, berat (Centre Of Gravity) motor anda pindah ke depan menuju ban depan anda dan menjauhi ban belakang anda, nah anda sekarang dapat melihat bahwa Ban belakang menjadi tidak efektif karena traksi roda belakang terhadap aspal BERKURANG, dan sangat memungkinkan terjadinya REAR WHEEL LOCK UP atau roda belakang anda akan terkunci ! Sebaliknya anda sekarang bisa melihat bahwa menggunakan rem depan akan memberikan roda depan anda beban yang semakin besar untuk menekan ASPAL dan memberikan anda Traksi yang lebih baik untuk menghentikan laju motor anda, Banyak Ngerem depan...lebih Banyak Traksi...kecepatan Berkurang.
OK sekarang bagaimana hal diatas mempengaruhi cara anda berkendara, sebagai permulaan kita melihat bahwa penggunaan rem yang terbaik adalah rem DEPAN, kita juga mengetahui bahwa menurunkan kecepatan di Tikungan dalah bukan ide bagus, Ini memberikan Stress yang lebih besar pada ban depan dan justru menyebabkan hilangnya Traksi dan menyebabkan roda belakang anda selip dan roda depan...nggelosoor.
Nah disini kita akan berfikir..bagaimana kita mengontrol Suspensi pada tikungan ! Aturan Geometri terbaik pada saat kita berada di tikungan adalah si Suspensi dibuat untuk menekan roda belakang (power) pada permukaan jalan, INI ARTINYA...MENGATUR POWER DARI AKSELERASI PASA SAAT KITA BERADA DI TIKUNGAN.
Ini juga memberikan penjelasan mengapa kita harus berada pada kecepatan yang tepat pada saat kita akan memasuki tikungan sehingga kita dapat tetap menjaga Power dan akselerasi pada saat di tikungan.
Jika Anda belum pernah menikung terlalu Cepat....maka Ignore aja bahasan di bawah ini Cheesy
reaksi Alami kita pada saat situasi seperti diatas adalah mengurangi kecepatan dengan menutup gas tiba-2 atau mengerem, namun klo kita lihat lagi ini justru MEMPERBURUK SITUASI, Kenapa ? ini menyebabkan roda depan anda mengunci terhadap sudut geometri gaya sentrifugal yaitu tertarik keluar sehingga menyebabkan motor anda menjadi TEGAK dan posisi berbelok jadi kacaw dna keluar jalur lintasan, Jalan terbaik adalah dengan tetap mengunci posisi motor pada keadaan sbelum masuk tikungan (GAYA MOTOGP) atau Menekan lebih jauh posisi belakang anda sehingga menjadi Counter Steering dan tetaplah membuka Gas (INI HARUS DIYAKINI OLEH MASING MASING)*Menambah Power pada saat terjadi hal diatas adalah hal yang terbaik.RED;
MORE POWER/ Throttle hampir akan selalu memberikan jalan keluar terbaik pada posisi ini dibanding dengan melakukan pengereman.
Roda belakang yang berputar memberikan kita Stabilitas Gyroscopic lebih dari 80% motor anda termasuk anda sendiri, karena berhungan langsung dengan AXL atau Swing Arm dengan Chasiss motor anda , sedangkan bagian roda depan hanya terpengaruh secara tidak langsung oleh roda belakang yang berputar.
Jika anda mengunci roda belakang anda, maka akan menyebabkan Selip, Motor tidak akan semudah itu untuk tetap berada pada jalur lurus, motor akan dipengaruhi oleh Roda belakang yang berpitar dan menyebabkan laju motor justru menyamping atau ke arah lain, dilain pihak jika roda depan anda terkunci(Pada saat jalur lurus) dan menyebabkan roda depan Selip, ada banyak aasan yang harus kita percaya bahwa selama roda belakang tetap berputar dengan kecepatan yang konstan dan tetap mengarahkan roda depan anda berjalan lurus, maka motor anda akan tetap berada pada jalurnya dan tetap berdiri VERTIKAL sehingga anda bisa memulai membenarkan maslah anda dengan melepaskan rem depan secara perlahan.
Ban dan Kemiringannya
Pertanyaan :
Anda mendekati sebuah tikungan yang akan memungkinkan membuat motor anda miring hingga 45 derajat, anda membuka gas atau menutup gas - anda tetap mempertahankan kecepatan hingga keluar tikungan, apa yang akan terjadi dengan kecepatan anda ?
Jawaban :
KECEPATAN AKAN MENURUN....!!!
mengapa ?
karena profile dari ban anda, perhatikan gambar diatas dapat kita ketahui ketika ban miring melebihi radius sebenarnya dari ban itu maka ban menjadi semakin kecil permukaannya karena curvature dari ban itu sendiri, ini membuat permukaan ban pada saat miring menjadi lebih kecil (sementara), pada saat yang sama ban yang berputar tidak berubah sama sekali(berputar sama dengan pada saat kondisi ban vertikal)maka kecepatan dari motor anda akan berkurang untuk mengakomodir permukaan ban yang semakin kecil.
SO kenapa kita harus peduli ama yang beginian ??
kita ketahui bahwa posisi geometri yang terbaik pada saat motor menikung adalah untuk memberikan beban kendaraan dan pengendara terdistribusi pada bagian belakang motor bukan pada bagian roda depan.
SEARCH
Best Article
-
1. Preamble Not to mention the history of the dry ink to write his name, but woman country has haltingly read his ideals. Kian day emancipat...
-
Broadly speaking, body language consists of how you sit, how you stand, how you use your hands and feet, and what you do when talking to som...
-
ISO 9001 has been widely applied in some companies, ISO 9001 has been amended three times first in 1987, second 1994 and third in 2000. As w...
-
Tips-tips seputar perawatan pio and info part, Spoiler for membersihkan bagian monocros : bagian yang dibongkar: yang biasanya di bersihkan:...
-
Long-haired girl is a story that comes from Liki Water Village, Hamlet Renah Kepayang, Veil Ulu Subdistrict, District Merangin. This story ...